Rabu, 11 Januari 2012

Andik Vermansyah Diandalkan Masuk Timnas U-21



Jakarta (ANTARA) - Pemain Persebaya Andik Vermansyah akan diandalkan untuk memperkuat Timnas U-21 yang dipersiapkan tampil pada Kejuaraan Piala Sultan Hasanal Bolkiah di Brunei Darussalam, 27 Februari-5 Maret 2012.
"Andik Vermansyah memang pemain yang akan jadi salah satu tumpuan di timnas U-21," kata Pelatih Timnas U-21 Widodo C Putro dikutip dari situs resmi ligaprima, Selasa.

Widodo menyadari dalam situasi serba mendesak ini, Timnas U-23 butuh pemain berpengalaman yang bisa dijadikan panutan.
Sosok itu adalah Andik Vermansah. Gelandang mungil itu lahir di Jember, 23 November 1991, yang berarti masih memungkinkan membela Timnas U-21.
Meski baru 20 tahun, Andik punya skill di atas rata-rata. Pelatih Persebaya Divaldo Alves pun tak ragu menurunkannya sebagai starter di setiap pertandingan. Andik juga sudah merasakan atmosfer pertandingan internasional saat memperkuat Timnas U-23 di SEA Games 2011.
"Dia (Andik) sudah punya pengalaman di timnas, SEA Games dan Indonesia Selection (melawan LA Galaxy). Hanya Andik yang cukup memiliki jam terbang (untuk U-21)," ujar Widodo.
Namun Andik mengaku belum tahu soal rencana pemanggilannya untuk memperkuat Timnas U-21.
"Saya malah belum tahu, Mas. Soalnya sampai saat ini tidak ada surat resmi dari PSSI," katanya.
Di sisi lain dia juga menunggu lampu hijau dari timnya. "Sekalian saya juga menunggu izin dari Persebaya dulu," tambah pemain yang pernah bertukar jersey dengan bintang sepakbola dunia, David Beckham itu.
Sementara itu, seleksi pemain Timnas U-21 yang akan mengikuti Kejuaraan Piala Sultan Hasanal Bolkiah di Brunei Darussalam, 27 Februari-5 Maret 2012, segera memasuki tahap akhir.
Pelatih Timnas U-21 Widodo C Putro mengaku sudah mengantongi 75 persen nama pemain yang menghuni skuadnya. Kendati begitu waktu seleksi akan ditambah satu hari lagi. Ada dua tambahan pemain dari Bali Devata. Sehingga sekarang jumlahnya 52 pemain.
Ditanya soal jalannya seleksi, pria 41 tahun itu menjelaskan bahwa dirinya masih terus memantau fisik, skill individu, dan kerjasama.
"Fisik pemain memang ada yang tinggi dan pendek, skill individu juga tidak semuanya bagus. Sedangkan untuk kerjasama, ini yang paling kita tekankan," lanjut mantan striker timnas Indonesia itu.
"Saat ini saya sudah punya bayangan pemain yang akan saya rekrut. Saya sudah pegang 75 persen nama pemain yang ada," katanya lagi.
Widodo juga minta maaf kepada para pemain yang tidak sempat mengikuti seleksi karena terbatasnya waktu yang tersedia. Namun, setelah selesai kejuaraan di Brunei dirinya akan menyeleksi lagi pemain-pemain baru yang belum mendapatkan kesempatan.
Seleksi ini akan memilih 25 pemain yang layak membela Timnas U-21. "Sebelum ke Brunei, kami akan menggelar pemusatan latihan pada 16 Januari nanti," ujar Widodo, pencetak gol terbaik Piala Asia 1996.
Beberapa nama yang mengikuti seleksi antara lain Teguh Wahyu Saputra, Didik Bagus Triono, dan Syahroni yang berasal dari Persibo.
Ada juga enam pemain PSM yakni Kurniawan, Agung Battola, Rasyid, M Fadly, I Made Dwi Aryadana serta Ahmad Hasyim Tolle. Kejuaraan Piala Hassanal Bolkiah akan diikuti 11 negara di Asia Tenggara. Pendaftaran pemain yang harus dipenuhi oleh seluruh negara peserta paling lambat Selasa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar